Sabtu, 19 Maret 2016

Refleksi Minggu ke-3

Assalamualikum w.w,

Haloooooo.... Masih semangat kan belajar ALPRO nya ?? Pasti nya dong ya. Alhamduillah minggu ketiga diminggu ketiga gak telat alias on time. Seperti minggu kemarin keluarkan kertas dan persiapan untuk kuis yang minggu ke tiga semangatttttt.

Diminggu ketiga saya mempelajari materi tentang STRUKTUR PEMILIHAN (KONTROL PROGRAM ). Seperti biasa buka laptop pelajari materi sebentar dan menjawab kasus-kasus dimateri pertemuan tiga dengan teman kelompok atau partner. Setelah 15 menit berlalu dosen menyuruh beberapa kelompok untuk maju menjelaskan kasus-kasus yang ada dimateri pertemuan ketiga.




Refleksi Minggu ke-2

Assalamaulaikum w.w,

Alhamdulillah hari kedua gak telat masuk nya. Seperti yang sudah di katakan oeh dosen kemarin pertemuan kedua ada kuis yang diselesaikan dalam waktu 15 menit WAW.  Jawaban kuis langsung diperiksa pada hari itu, dan yang membuat saya kaget pada saat kuis diperiksa jawaban dosen harus sama persis, jawaban yang beda sedikit saja salah. Weleh weleh shock ya hahaha.

Setelah itu dosen melanjutkan materi pertemuan ke dua dengan materi SEKUEN. Dan menyuruh mahasiswa nya untuk menyelesaikan beberapa kasus yang ada dimateri sekuen menggunakan program Flowchart dan program C++.

Setelah mengikuti kuliah mahasiswa bisa:
-Menyusun algoritma
-Menulis standar algoritma
-Membuat flowchart
-Mengimplementasikan dalam C++

Diakhir pertemuan dosen menyampaiakan  Materi mnggu ketiga yaitu Kontrol program :
-Pernyataan kondisional :
                if(ekpresi) aksi;
                if(ekpresi) aksi 1;else aksi 2;
-Operator relasional
-Tabel kebenaran Operator Or dan AND
-Gambar Flowchart terkait (Raptor)



Refleksi Minggu Ke-1

Assalamualaikum w.w,

Aiiittsss udah semeter 2 aja nih, semeter dua ini anak Teknik Informatika UAD akan belajar Algoritma Pemrograman (ALPRO) yang diampu oleh Drs.Wahyu Pujiono M.Kom. Pertemuan pertemuan pertama dosen menjelaskan tentang adab belajar, deskripsi singkat, buku pegangan, jadwal, mekanisme teknis pembelajaran, sistem penilaian, dan  sanksi pelanggaran akademik.
Dari beberapa  penjelasan diatas ada beberapa materi yang penting menurut saya :
-Adab Belajar :


-Buku Pegangan :

-Sistem Penilaian :


Selain hal-hal penting diatas dosen juga menyuruh mahasiswa nya untuk masuk di dalam grup Facebook "Sharing Alpro dan sdata ning UAD".Membuat kelompok belajar maksimal 3 orang yang dijadikan sebagai patner Dan diakhir pertemuan dosen mengumumkan minggu depan akan ada pengenalan mentor praktikum dan menyiapkan kuis dengan beberapa materi 



Mungkin hanya ini yang bisa saya curahkan ckckkc ,,Oke tetep semangat ya buat minggu depan nya,, siap-siap untuk kuis minggu depan nya ya .. dan inget jangan sampe telat guys hehe







Jumat, 18 Maret 2016

COBA-COBA













       KLIK HERE KLIK HERE KLIK HERE
       KLIK HEREKLIK HERE KLIK HERE  
                                         KLIK HERE                                
                                KLIK HERE              
                       KLIK HERE                       
       KLIK HERE
      KLIK HEREKLIK HEREKLIK HERE  
      KLIK HEREKLIK HEREKLIK HERE

KLIK HERE KLIK HERE KLIK HERE
KLIK HERE KLIK HERE KLIK HERE
 KLIK HERE                   KLIK HERE
 KLIK HERE                    KLIK HERE
 KLIK HERE                    KLIK HERE
 KLIK HERE KLIK HERE KLIK HERE
 KLIK HERE KLIK HERE KLIK HERE

 KLIK HERE                                                 KLIK HERE
 KLIK HERE  KLIK HERE                              KLIK HERE
 KLIK HERE          KLIK HERE                       KLIK HERE
 KLIK HERE                    KLIK HERE             KLIK HERE
 KLIK HERE                               KLIK HERE  KLIK HERE
 KLIK HERE                                                   KLIK HERE

 KLIK HERE                                           KLIK HERE
 KLIK HERE                                  KLIK HERE
 KLIK HERE                         KLIK HERE
 KLIK HERE               KLIK HERE
 KLIK HERE   KLIK HERE
 KLIK HERE                   KLIK HERE
 KLIK HERE                           KLIK HERE
 KLIK HERE                                    KLIK HERE
 KLIK HERE                                             KLIK HERE



KASUS 4.8 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahirohmannirohhim
Assalamualaikum w.w,

Tetep semangat... kita akan membahas kasus 4.8 tentang menghitung a*b dengan metode penjumlahan dengan Program Flowchart dan program C++ :

Kasus 4.8 "Hitunglah a*b dengan metode penjumlahan"

Hitunglah a*b dengan metode penjumlahan!

Algoritma : 
- Menginputkan nilai a dan b
- Prosesnya menggunakan perulangan 
- Hasil (output an hasil kali dengan metode penjumlahan)

Gambar Program Flowchart dengan menngunakan aplikasi Raptor:
Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++:
#include <iostream>
#include <cstdlib>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

using namespace std;

int main(int argc, char** argv) {
   int i, jumlah, b, a;
   i =1;
   jumlah =0;

   cout<<"Masukkan nilai a = ";
   cin>>a;
   cout<<"Masukkan nilai b = ";
   cin>>b;
  
   while (!(i>abs(b)))
   {
      jumlah =jumlah+a;
      i =i+1;
   }
   if (b<0)
   {
      jumlah =-jumlah;
   }
   cout<<a<<" x "<<b<< " = " <<jumlah<<endl;
  
   system("PAUSE");
return 0;
}
Gambar Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++:
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.




KASUS 4.7 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahirohmannirohhim
Assalamualaikum w.w,

Tetep semangat... kita akan membahas kasus 4.7 menghitung nilai dari x^y dengan x bilangan real dan y bilangan bulat dengan menggunakan Program Flowchart dan program C++ :

Kasus 4.7 "Menghitung nilai dari x^y dengan x bilangan real dan y bilangan bulat"

Hitunglah nilai dari x^y dengan x bilangan real dan y bilangan bulat!
Analisis : 
- Input : x dan y
- Output : hasil x pangkat y

Algoritma : 
- Memberikan masukkan nilai x dan y
- menghitung pangkat x pangkat y
- Deklarasi :
                    - Input : integer x, y, i
                    - Output : integer pangkat
- Deskripsi : read (x,y)
                    pangkat <= 1
                    for i <= 1 to n do 
                    pangkat <= pangkat*x
- end : for
- write (pangkat)
Gambar Program Flowchart dengan menggunakan aplikasi Raptor :
Program C++ dengan aplikasi Dev C++:

#include <iostream>
#include <cstdlib>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

using namespace std;

int main(int argc, char** argv) {
   int x,y,i;
   int pangkat=1;
   
   cout<<"\t\t\tMENGHITUNG HASIL PERPANGKATAN\n";
   cout<<"Tulis Bilangan = ";cin>>x;
   cout<<"Dipangkatkan berapa = ";cin>>y;
   for (i=1;i<+y;i++){
    pangkat*=x;
   }
   cout<<endl;
   cout<<x<<"Pangkat"<<y<<" = "<<pangkat;
   
return 0;
}
Gambar Program C++ dengan aplikasi Dev C++:
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.



KASUS 4.4 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahirohmannirohhim
Assalamualaikum w.w,

Tetep semangat... kita akan membahas kasus 4.4 tentang menghitung rata-rata integer positif (Banyak data ditentukan dari data yang dimasukkan) dengan Program Flowchart dan program C++ :

Kasus 4.4 "Menghitung rata-rata dari integer positif (banyak data ditentukan dari data yang dimasukkan"

Hitunglah rata-rata dari integer positif (banyak data ditentukan dari data yang dimasukkan)

Algoritma : 
- Diberikan data bilangan bulat positif kemudian dicari rata-ratanya
- Deklarasi : integer n,jumlah,x.
                     rata = real.
- Deskripsi : jumlah <= 0
                     read (x)
                     n <= 1
                     perulangan
- end : for
           rata = jumlah/(n-1)
- write(rata)

Gambar Program Flowchart dengan menggunakan aplikasi Raptor dan output nya :
Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++:

#include <iostream>
#include <cstdlib>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

using namespace std;

int main(int argc, char** argv) {
   int n;
   float jumlah;
   int x;
   int rata;

   jumlah =0;
   n =1;
   x =0;
   while (!(x < 0)){
      jumlah = jumlah + x;
      cout<<"Data ke-"<<n<<" = ";
      cin>>x;
   n =n+1;
   }
   cout<<"Jumlah bilangan integer positif adalah "<<jumlah<<endl;
   rata = jumlah /(n-2);
   cout<<"Rata-ratanya adalah "<<jumlah<<" / "<<(n-2)<<" = "<<rata<< endl;
return 0;
Gambar Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++:

Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.




KASUS 4.3 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahhirohmanirrohim
Assalamualikum w.w,

Halo masih semangat baut bealajar Perulngan (LOOP) kan ? berikut ini kita akan membahas kasus 4.3 dengan menggunakan Program Flowchart dan C++ :

Kasus 4.3 "Mencari rata-rata dari n bilangan bulat fositif"

Carilah rata-rata dari n bilangan bulat positif!
Analisis :
- Rumus rata-rata adalah :
- yaitu jumlah data dibagi dengan banyaknya data, dengan xi adalah data ke-i

Algoritma :
- Deklarasi : integer i, n, jumlah, x.
                     rata = real.
- Deskripsi : - read (n)
                     - jumlah <= 0
                     - for i <= 1 to n do
                               read(x)
                               jumlah <= jumlah  + x
- End : for
            rata = jumlah/n
- Write (rata)
Gambar program Flowchart dengan menggunakan aplikasi Raptor  :
Program C++ dengan aplikasi Dev C++ :

#include <iostream>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */
using namespace std;
int main(int argc, char** argv) {
int i, n, jumlah, x;
float rata;
cout<<"Banyak data : "; cin>>n;
jumlah=0;
for (i=1; i<=n; i++){
cout<<"Data ke "<<i<<" : "; cin>>x;
jumlah +=x;
}
rata=(float)jumlah/n;
cout<<"Rata-rata = "<<rata;
return 0;
}
Gambar Program C++ dengan aplikasi Dev C++ dan hasil output nya :
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.



KASUS 4.2 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahhirohmannirohhim
Assalamualikum w.w,

Next admin akan membahas Kasus 4.2 yaitu  mencetak bilangan ganjil dari 0 sampai 10 dengan menggunakan Program Flowchar dan C++ :

Kasus 4.2 "Cetak Bilangan Ganjil dari 0 sampai 10"

Cetaklah bilangan ganjil dari 0 sampai 10!
     Ide : Bilangan ganjil dari 0 sampai 10 di awali dengan 1, kemudian bertambah dengan 2 atau  bilangan ganjil adalah bilangan yang bila dibagi 2 tersisa 1.

Algoritma : 
- Mencetak bilangan ganjil dari 0 sampai 10 ke piranti keluaran
- Deklarasi : i = integer
- Proses menggunakan perulangan
- Output perulangan bilangan ganjil dari 0 sampai 10
Gambar Program Flowchart dengan aplikasi Raptor dan hasil output nya:
Program C++ dengan aplikasi Dev C++:

#include <iostream>
using namespace std;

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

int main(int argc, char** argv) {
int i;
for(i=0;i<=10;i++){
if(i%2==1){
cout<<i;
}
}
return 0;
}
Gamabar Program C++ dengan aplikasi Dev C++ dan hasil output nya:
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.


KASUS 4.1 PERULANGAN (LOOP)

Bismillahhirohmanirrohim
Assalamualikum w.w,

Halo teman-teman kita akan belajar tentang PERULANGAN (LOOP) sebelum membahas kasus 4.1 admin akan menjelaskan secara singkat pengertian Perulanagn (LOOP). Perulangan(LOOP) adalah suatu bentuk kegiatan mengulang suatu statement sampai batas yang diinginkan.Ok dan berikut penyelesaian Kasus 4.1 :

KASUS 4.1 "Cetak Angka"
Cetaklah bilangan 1 sampai 4!
Algoritma :
- Deklarasi : i = integer;
- Proses bisa menggunakan perulangan
- Output : perulangan bilangan 1 sampai 4

Gambar Program Flowchar dengan aplikasi Raptor beserta Outputnya :
Gambar Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++ dan Output nya :
Alhamdulillah...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.
 

KASUS 2.6 SEKUEN

Bismillahhirohmanirrohim
Assalamualikum w.w,

Sekarang kiat akan membahan KASUS 2.6 dengan menggunakan Program FLOWCHART dan C++

Kasus 2.6 "Setiap bilangan bulat selalu bisa ditulis dalam bentuk (m=q.n+r)
Setiap bilangan bulat selalu bisa ditulis dalam bentuk : m = q.n + r
- Dengan n<m , q adalah kuosen dan r adalah residu (sisa)
- Buatlah algoritma untuk merepresentasikan m dan dalam bentuk m = q.n + r. Sebagai contoh :
integer m = 73 dan n = 7 dapat ditulis sebagai 73 = 10*7 + 3, yaitu r = 3.

Analisis :
- Ingat! Bila perlu buatlah contoh bilangan tertentu sehingga kita memperoleh gambaran bagaimana cara kerja (proses) yang akan dilakukan algoritma.
- Input : n dan m (n<m)
- Proses : Kuosen q menggunakan /(asal kedua operan integer), sedangkan r dapat diperoleh dengan menggunakan operator %.
- Output : q dan r (disusun seperti yang diminta)

Algoritma :
- Deklarasi : - Input : Integer a,b
                     - Output : Integer q,r
- Deskripsi : - Read (a,b) (a<b)
                     - q = a/b        (mendapatkan nilai q)
                     - r = a%b       (mendapatkan nilai r)
                     - m = q*b + r 
- End (hasil)
- Write (q,r,m)

Gambar Program Flowchart dengan aplikasi Raptor :
Gambar Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++ :
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.

KASUS 2.2 SEKUEN

Bismillahhirohmannirohim

Assalamualikum w.w,

Berikut in kita akan membahas kasus 2.2 pada materi SEKUEN dengan Program FLOWCHART dan C++ :

Kasus 2.2 "Mencari hasil kali dari dua buah bilangan"

Buat algoritma dan program untuk mencari hasil kali dua buah bilangan!
Analisis :
- Input : Misalkan a,b semua integer
- Proses : Hasil <= a * b
- Output : Tulis (hasil)

Algoritma :
  •  Menerima inputan dari kedua bilangan
  •  Mengalikan kedua bilangan tersebut
  • -Menampilkan hasil perkalian dari kedua bilangan

Gambar Program Flowchart dengan aplikasi Raptor :
Program Dev C++ :

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int a,b; int jumlah;
cout<<"Masukkan nilai a : ";cin>>a;
cout<<"Masukkan nilai b : ";cin>>b;
jumlah = a*b;
cout<<"Hasil perkalian a * b = "<<jumlah;

return 0;
}
Gambar Program C++ dengan Aplikasi Dev C++ :
Gambar Output dari program di atas :
Alhamdulilah ...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.


KASUS 2.1 SEKUEN

Assalamualikum w.w,
Bismillahhirohmannirohim

Berikut ini kita akan mengerjakan beberapa kasus dimateri SEKUEN:

Kasus 2.1 "Menghitung jumlah dari 3 buah bilangan bulat"

Hitunglah jumlah dari 3 buah bilangan bulat!
Analisis :
- Input   : Misalkan a, b, c semua integer
- Proses : Jumlah <= a + b + c
- Output : Tulis (jumlah)

Algoritma :
- Menerima input dari 3 bilangan bulat
- Menjumlahkan ketiga bilangan tersebut
- Lalu mencetak hasil penjumlahannya

Gambar program Flowchar dengan aplikasi Raptort :
Program C++ dengan menggunakan aplikasi Dev C++ :

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int a,b,c; int jumlah;
cout<<"Masukkan nilai a : ";cin>>a;
cout<<"Masukkan nilai b : ";cin>>b;
cout<<"Masukkan nilai c : ";cin>>c;
jumlah = a+b+c;
cout<<"Jumlah a + b + c = "<<jumlah;

return 0;
}
Gambar Program nya adalah:


Gambar Output nya adalah:

Alhamdulillah...
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualikum w.w.

 

Copyright @ 2013 Salman.